Tel: (0231) 220244 | WhatsApp: 087728955183 [email protected]

Ketika merencanakan pernikahan Anda, ada hal-hal yang menyenangkan untuk diketahui, dan ada hal-hal yang perlu Anda ketahui. Jika Anda bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang mungkin Anda lewatkan, berikut kami berikan daftar periksa sekaligus tips perencanaan pernikahan di bawah ini.

22 Tips Penting Perencanaan Pernikahan

Perencanaan pernikahan merupakan hal terpenting bagi anda yang ingin berlangsungnya acara nikah dengan sukses. Berikut merupakan checklist persiapan pernikahan.

1. Perhitungkan Ruangan untuk Tamu

Dapatkan pegangan pada perkiraan jumlah tamu yang akan Anda undang sebelum melakukan booking gedung nikah di suatu tempat. Ini akan memastikan ada banyak ruang untuk kenyamanan tamu acara pernikahan Anda. Sebagai aturan praktis, sediakan ruang 2 hingga 3 meter persegi per tamu. Itu mungkin tampak seperti banyak, tapi itu benar-benar tidak jika Anda menghitung ruang yang Anda perlukan untuk meja, pelayan yang ramai, band dan lantai dekorasi.

2. Pastikan Tanggal Pernikahan

Ketahui sebelumnya jika tanggal pernikahan Anda jatuh pada hari yang sama dengan hari libur nasional, atau hal lainnya yang dapat memengaruhi lalu lintas dan ketersediaan kamar hotel. Ini dapat menghindari dari potensi masalah yang muncul. Perencanaan pernikahan yang baik akan memperhitungkan segala hal yang penting seperti tanggal pernikahan.

3. Perhitungkan Cuaca

Perhatikan cuaca dan gangguan potensial lainnya. Para tamu akan datang pagi atau siang di acara pernikahan Anda. Akan sangat berguna untuk mengetahui prakiraan cuaca di tanggal acara pernikahan tersebut. Pertimbangkan menyewa beberapa keperluan untuk menghadapi cuaca panas ataupun hujan. Juga pertimbangkan pengendalian hama untuk mengatasi masalah atau termasuk pengusir serangga agar hidangan makanan untuk tamu tetap terjaga kebersihannya.

Dan jika Anda menginginkan upacara pernikahan setelah matahari terbenam, pastikan Anda tahu kapan harus mengucapkan janji Anda dengan memeriksa jam terbenamnya matahari di lokasi anda. Miliki selalu “Rencana B” untuk menghadapi cuaca yang tak terduga.

4. Pertimbangkan Jasa Wedding Organizer

Anda dapat mempercayai jasa wedding organizer untuk mengurus segala sesuatunya dan melaporkan ke Anda. Konsultan acara pernikahan dapat memberikan penyesuaian terhadap seluruh keperluan anda. Bahkan, jika anda mendapatkan yang berpengalaman, mereka dapat selalu sesuaikan dengan anggaran anda. Perencanaan pernikahan anda dapat berjalan mulus bersama pihak yang ahli dan berpengalaman.

5. Seleksi Ulang Daftar Undangan Resepsi Nikah

Cara termudah untuk memangkas anggaran pernikahan Anda dapat melalui seleksi daftar tamu. Ingat, setengah dari biaya pernikahan habis untuk undangan dan hidangan makanan tamu. Jika biaya Anda Rp. 200.000,- per orang, menghilangkan 50 undangan dapat menghemat Rp. 10 juta. Ingat, jika anda mengundang 1 orang yang sudah berkeluarga, maka hasilnya yang datang bisa lebih dari 2, bahkan mungkin 5 orang.

6. Pertimbangkan Waktu dan Ruangan Khusus untuk Keluarga Dekat

Mintalah satu jam ekstra untuk acara khusus bagi keluarga anda dan pasangan. Berikan hidangan khusus dan permainan musik yang lebih berkesan. Tujuannya, agar dapat mempererat hubungan kedua keluarga

7. Antisipasi Biaya Hidangan Yang Tak Terduga

Biaya tak terduga lainnya? Memberi makan kru pernikahan. Sebelum Anda menandatangani kontrak, pastikan Anda tidak diharuskan untuk menyajikan makanan yang sama kepada vendor Anda yang akan diterima para tamu. Jika tidak, Anda bisa membayar 20 ekor lobster tambahan. Pilih makanan yang lebih murah (tapi sama gizinya) untuk mereka. Anda harus membiarkan jasa katering pernikahan Anda tahu beberapa hari sebelum pernikahan persis berapa banyak vendor yang Anda butuhkan untuk makan (jangan lupa asisten fotografi dan band roadies) dan apa yang Anda ingin mereka layani.

8. Dokumentasikan Hasil Rapat Pernikahan (Secara Digital)

Kumpulkan semua korespondensi Anda dengan vendor, catat yang Anda buat selama rapat, dan foto atau sobek lembaran dari majalah yang ingin dilihat vendor. Siapkan alamat email khusus yang didedikasikan untuk pernikahan Anda, dan simpan nomor vendor penting di ponsel Anda. Simpan semua info perencanaan pernikahan anda secara digital.

9. Alokasikan Anggaran untuk Biaya Tak Terduga

Anggaran pernikahan Anda harus mengikuti formula ini:

  • 48 hingga 50 persen dari total anggaran untuk tamu;
  • 8 hingga 10 persen untuk bunga;
  • 8 hingga 10 persen untuk pakaian;
  • 8 hingga 10 persen untuk hiburan / musik;
  • 10 hingga 12 persen untuk foto / video;
  • 2 hingga 3 persen untuk undangan;
  • 2 hingga 3 persen untuk hadiah; dan
  • 8 persen untuk berbagai macam barang seperti seorang koordinator pernikahan.

Sangat penting untuk mengalokasikan tambahan 5 hingga 10 persen dari uang Anda untuk biaya kejutan seperti mencetak undangan ekstra karena kesalahan, kebutuhan tambahan menjahit, payung untuk hari hujan dan pita untuk program pernikahan.

10. Jangan takut untuk bertanya

Vendor pernikahan Anda harus menjadi ahli yang paling dipercaya selama proses perencanaan pernikahan. Ketika bekerja dengan mereka, Anda harus merasa bebas untuk benar-benar mengeksplorasi apa yang Anda inginkan — mungkin itu menyajikan camilan larut malam atau melakukan sesi potret pengantin daripada sesi pertunangan.

Intinya adalah Anda harus merasa bahwa Anda dapat melakukan percakapan jujur ​​dengan mereka tentang apa yang Anda inginkan. Tugas mereka adalah memberi tahu Anda apa yang Anda bisa dan tidak, agar dapat sesuai dengan anggaran pernikahan Anda.

11. Tunggu tanggal yang tepat

Terkadang, perencanaan di menit terakhir dapat menguntungkan Anda. Semakin dekat akan semakin banyak kekuatan tawar yang Anda miliki. Karena kebanyakan orang memesan tempat pernikahan mereka setidaknya enam bulan sebelumnya, menyerukan tanggal terbuka dua bulan sebelum waktu yang Anda inginkan dapat menghemat hingga 25 persen. Dan biasanya, pernikahan di hari Jumat dapat menghemat biaya sekitar 30 persen lebih sedikit daripada pernikahan Sabtu.

12. Pertimbangkan Tamu Yang Kemungkinan Tidak Dapat Hadir

Ketahuilah bahwa sebagai aturan, sekitar 10 hingga 20 persen orang yang Anda undang tidak akan hadir. Tentu saja, ini tergantung pada lokasi pernikahan Anda. Pertimbangkan berapa banyak out-of-towners yang ada dalam daftar Anda. Ini dapat menjadi bagian penting dalam menentukan anggaran perencanaan pernikahan.

13. Buat Kebijakan Seragam Anak

Anda memiliki empat pilihan: Anda dapat menyambut anak-anak dengan tangan terbuka; Anda dapat memutuskan untuk memiliki pernikahan “khusus dewasa”; Anda dapat menyertakan keluarga terdekat saja; atau, Anda dapat menyewa layanan pengasuhan anak untuk menyediakan penitipan anak di ruang resepsi, di kamar hotel atau di rumah anggota keluarga.

Untuk mencegah perasaan terluka, adalah bijaksana untuk menghindari mengizinkan beberapa keluarga untuk membawa anak-anak.

14. Prioritaskan Kerabat Dekat

Pangkas daftar tamu undangan dengan trik “tingkatan prioritas”. Tempatkan keluarga dekat, teman-teman terbaik, tetangga dekat, rekan kerja, dan seterusnya. Jika Anda perlu membuat beberapa potongan, mulailah dari bawah sampai Anda mencapai angka tamu undangan yang ideal.

15. Ambil Satu Langkah Setiap Saat

Kumpulkan jadwal perencanaan pernikahan dan lakukan hal-hal satu per satu, dalam urutan yang logis, sehingga Anda tidak terlalu cepat dan berakhir dengan semua bola salju di sekitar Anda. Jangan menyewa vendor apa pun sebelum Anda mengonfirmasi tanggal Anda. Jangan desain kue Anda sebelum Anda membayangkan bunga Anda; dan jangan memesan band sebelum Anda menetapkan ruang.

16. Kamar Hotel untuk Tamu

Segera setelah Anda memilih tanggal, mulailah mencari hotel di berbagai titik harga. Banyak hotel untuk tamu di bawah blok pernikahan khusus dan tarif yang lebih hemat. Anda kemudian dapat merilis kamar yang dipesan satu bulan sebelum pernikahan Anda.

17. Berikan Peta Lokasi yang Akurat

Pastikan tamu tahu lokasi acara pernikahan anda. Terkadang pembuat undangan dapat salah atau membuat peta petunjuk lokasi yang bingung. Jika anda menggunakan gedung resepsi nikah Islamic Center Cirebon, tentunya tidak terlalu sulit untuk dicari oleh para tamu undangan.

18. Konfirmasi Ulang ke Vendor

Dapatkan perubahan tidak standar pada perjanjian Anda secara tertulis atau kirim email konfirmasi kepada vendor, katakan, “Halo, konfirmasikan bahwa Anda akan membuat venue tetap terbuka sampai jam 2 pagi dan tengah malam.” Jangan hanya menganggap semuanya sudah siap — kadang-kadang, pada saat hari yang sebenarnya bergulir, kontak Anda untuk orang tertentu mungkin tidak lagi bekerja di sana untuk menjamin Anda.

19. Jadwalkan Pengaturan

Anda harus memastikan ada banyak waktu untuk pengaturan. Jika Anda menyewa tempat dan membawa bantuan dari luar, tanyakan jam berapa orang dapat masuk untuk memulai pengaturan. Lihat apakah mereka dapat melakukannya sehari sebelumnya, atau setidaknya sepanjang hari pernikahan, sebelum acara dimulai.

20. Ketahuilah Peraturan

Bersiaplah — tanyakan kepada pengelola rumah ibadah atau  tempat Anda akan dinikahkan untuk daftar larangan (jika ada). Misalnya, apakah fotografi flash atau bahu mempelai wanita terlihat dilarang?

Atau, jika Anda bertukar sumpah di luar ruangan, apakah Anda diizinkan menanam pancang tenda di halaman (yang sering tidak diizinkan)?

21. Klasifikasikan Uang Anda

Anggaran pernikahan semuanya tentang keseimbangan. Mulailah perencanaan anggaran Anda dengan membuat daftar periksa tentang rincian penting, seperti musik, gaun pernikahan Anda, undangan, bunga dan fotografer, dan tetapkan nomor urut prioritas.

Investasikan uang Anda di semua urutan yang penting dan berhematlah pada urutan yang kurang penting. (Tapi semuanya tidak bisa masuk ke dalam kategori nomor satu!) Misalnya, jika gaun desainer dan makanan yang luar biasa adalah yang terpenting, Anda mungkin harus memilih undangan sederhana dan rangkaian bunga yang lebih kecil.

22. Jangan Berdandan Sendiri

Semua gaun akan mulai terlihat sama setelah beberapa saat dan akan lebih sulit untuk mengingat gaya mana yang benar-benar Anda sukai. Tapi hati-hati tentang siapa yang Anda bawa. Jika ibu atau saudara Anda tidak dapat melakukan perjalanan, tanyakan pada teman yang benar-benar jujur. Ini adalah saat ketika Anda benar-benar perlu tahu gaun mana yang paling cocok. Anda dapat mempercayakan penyedia jasa tata rias pengantin untuk melakukan semua hal tersebut.

Selain dari 22 daftar periksa untuk persiapan pernikahan diatas, mungkin anda harus menyimpan kontak darurat atau telepon dengan kontak vendor Anda di hari pernikahan Anda — mungkin berguna jika sopir mobil pengantin Anda tersesat atau Anda memutuskan ingin fotografer mengambil beberapa foto di balik layar.

Ketika datang ke bulan terakhir dari perencanaan pernikahan Anda, lihatlah daftar panjang yang harus dilakukan. Toleransilah terhadap daftar di persiapan pernikahan yang tak terlaksana, seperti lukisan “Just Married” atau hal lainnya yang tidak terlalu penting. Tetap konsentrasi dan fokus pada apa yang menjadi prioritas di daftar periksa pernikahan anda.

Perencanaan pernikahan memang perlu dibuat, namun anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Anda dapat mempercayakan seluruh daftar periksa tersebut untuk kami urus. Dapatkan biaya nikah yang lebih transparan dan memiliki dasar, dan dikerjakan oleh tim profesional yang berpengalaman.

Anda Akan Segera Menikah?

Pin It on Pinterest

Share This